PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS BEKERJASAMA DENGAN IFI YOGYAKARTA DALAM OLIMPIADE BAHASA PRANCIS

Salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNY bekerjasama dengan IFI Yogyakarta untuk menyelenggarakan Olimpiade Bahasa Prancis sebagai bentuk PPM. Salah satu kegiatan dari Olimpiade ini adalah lomba video kreatif dengan tema “Ciri khas daerah saya”. Kriteria lomba yang diadakan antara lain: video berbahasa Prancis, pilih ciri khas daerah dan menjelaskan alasanya, hindari susunan seperti katalog, video horizontal, durasi maksimal 2 menit, unggah di Instagram dengan caption yang menarik dan tagar #olimpiadebahasaprancis2020 #bahasaprancis, dan tandai (tag) @IFI_Indonesia dan media sosial IFI/ AF wilayah peserta. Olimpiade Bahasa Prancis Yogyakarta diikuti oleh siswa SMA/ MA dan mahasiswa Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

 

Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNY turut serta dalam pelaksanaan olimpiade ini dengan memberikan beberapa penghargaan berupa trophy dan uang pembinaan untuk pemenang lomba video kreatif tingkat SMA/ MA dan Perguruan Tinggi. Uang pembinaan yang diberikan dari Prodi Pendidikan Bahasa Prancis untuk pemenang lomba video kategori SMA/ MA yakni Rp 750.000 untuk juara 1, Rp 500.000 untuk juara 2, Rp 350.000 untuk juara 3, Rp 300.000 untuk juara harapan 1, Rp 250.000 untuk juara harapan 2, dan Rp 200.000 untuk juara harapan 3. Kemudian untuk uang pembinaan yang diberikan bagi pemenang lomba video kategori Perguruan Tinggi yakni Rp 1.000.000 untuk juara 1, Rp 750.000 untuk juara 2, Rp 500.000 untuk juara 3, Rp 400.000 untuk juara harapan 1, Rp 350.000 untuk juara harapan 2, dan Rp 350.000 untuk juara harapan 3.

 

Dengan keikutsertaan PPM Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNY dalam Olimpiade Bahasa Prancis, kerjasama yang telah terjalin antara IFI Yogyakarta dan prodi menjadi semakin erat. Selanjutnya program PPM yang dilakukan oleh prodi Pendidikan Bahasa Prancis sangat berkontribusi dalam pengembangan Bahasa Prancis di wilayah Yogyakarta. Melalui program ini masyarakat pembelajar Bahasa Prancis sangat termotivasi untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Prancis yang dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti Olimpiade ini. (Desi)