MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNY JUARAI LOMBA MENYANYI BAHASA ASING TINGKAT NASIONAL DI UNNES

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS UNNES) tiap tahunnya mengadakan National Competition bertajuk "Kampoeng Boedaja". Kegiatan tingkat nasional ini diselenggarakan oleh FBS UNNES dengan menghadirkan beberapa lomba, diantaranya lomba menyanyi, storry telling, dan membaca puisi. Lomba diadakan melalui dua proses tahap seleksi, yaitu seleksi daring (online) dan seleksi on-stage. Selama periode pendaftaran lomba, terjadi kendala pada perubahan waktu seleksi daring dan pelaksanaan lomba, yang awalnya dijadwalkan tanggal 13 september 2018 berubah menjadi tanggal 7 oktober 2018.

Salah satu lomba yang diadakan adalah lomba menyanyi berbahasa asing yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY). Cabang lomba menyanyi berbahasa asing memiliki ketentuan dengan membawakan lagu dalam bahasa Prancis, Jepang, atau Mandarin tanpa iringan instrumen musik. Mahasiswa perwakilan FBS UNY membawakan lagu On écrit sur les murs milik Kids United dan diunggah melalui saluran Youtube yang dapat diakses melalui tautan https://youtu.be/j5_JE36QNUI

Perwakilan peserta dari FBS UNY atas nama Istiana Tri Anggita (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis) dinyatakan lolos seleksi daring dan berhak melaju seleksi on-stage bersama dengan lima besar lainnya yang berasal dari UNNES dan UNISULA. Final on-stage diadakan pada tanggal 26 Oktober di FBS UNNES bertempat di lapangan fakultas yang dijuluki fakultas humanis itu bersamaan dengan pembukaan stand-stand dari jurusan bahasa asing.

Pelaksanaan final diawali dengan lomba story telling kemudian dilanjutkan lomba menyanyi yang diikuti oleh lima mahasiswa termasuk perwakilan UNY Istiana Tri Anggita dan yang terakhir adalah lomba membaca puisi. Sebelum menuju pengumuman pemenang, peserta lomba dan pengunjung festival dihibur dengan pertunjukan dan acara menarik yang disuguhkan oleh panitia "Kampoeng Boedaja". Setelah melalui proses perundingan dan penjurian yang ketat, Istiana Tri Anggita diumumkan sebagai Juara 2 lomba menyanyi tingkat nasional berbahasa asing mengalahkan pesaing lainnya.

(Frida Shona Kumara Muniroh, Pendidikan Bahasa Prancis 2014)