HIPER ADAKAN KUNJUNGAN DAN STUDI BANDING KE UB

Himpunan mahasiswa Prancis (HIPER), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY mengadakan kunjungan dan studi banding dengan Cercle des Étudiants en Français (CÉF) Universitas Brawijaya (UB) Malang. Studi banding tersebut dilakukan pada Kamis (21/11/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh 53 mahasiswa yang sebagian besar merupakan pengurus HIPER dan beberapa dari luar HIPER. Kegiatan ini didampingi oleh dua dosen pendamping, yakni Ibu Desi Rahmawati, M.Pd dan juga Bapak Andi Mustofa, M.A.

 

Rombongan dari UNY tiba di UB disambut oleh para pengurus lama dan pengurus baru CÉF, serta Kaprodi Bahasa dan Sastra Prancis UB, Ibu Rosana Hariyanti, M.A. Kegiatan ini didakan di gedung utama Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB. Acara tersebut diawali dengan sambutan oleh Ibu Rosana yang mewakili UB dan Ibu Desi sebagai perwakilan dari UNY.

 

Kunjungan dan studi banding ini merupakan acara rutin yang setiap tahun diadakan oleh HIPER UNY. Pada tahun ini, Prodi Bahasa dan Sastra Prancis UB terpilih menjadi tempat kunjungan. UB dipilih karna dinilai memiliki beberapa aspek yang bisa dipelajari oleh HIPER baik dari segi organisasi dari HIMA itu sendiri maupun dari segi akademis.

 

Kegiatan studi banding itu sendiri tidak hanya melibatkan mahasiswa tetapi terdapat sesi untuk pemaparan profil prodi serta kurikulum dan sistem pembelajaran dari masing-masing prodi oleh dosen. Untuk sesi tersebut UB diwakili oleh Ibu Rosana yang menyampaikan profil dari Prodi Bahasa dan Sastra Prancis UB serta kurikulum dan sistem pembelajaran yang mereka gunakan. Sementara itu, pemaparan mengenai Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNY diwakili oleh Bapak Tofa. Selanjutnya dilaksanakan diskusi dan tanya jawab mengenai masing-masing kurikulum dan sistem pembelajaran dari masing-masing universitas.

 

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing HIMA. Dari HIPER, mereka menampilkan Jolie Danse dan Hipercoustique, sementara dari CÉF mereka menampilkan mini teater. Setelah saling menunjukkan aksinya, acara dilanjutkan dengan pengenalan masing-masing HIMA beserta divisinya. Kegiatan juga dibarengi dengan di skusi dan tanya jawab oleh masing-masing divisi HIMA untuk saling bertukar pikiran agenda kegiatan mereka masing-masing dan bagaimana mereka menjalankan divisi mereka.

 

Kegiatan kunjungan dan studi banding diakhiri dengan foto bersama antara kedua HIMA. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kerjasama yang sudah terjalin antara HIPER dan CÉF akan terus berlanjut. Kerjasama yang terjalin dapat berupa kunjungan dan studi banding maupun kerjasama dalam bidang akademik maupun non akademik. (Desi)