“SIKRAB” SIANG KEAKRABAN MAHASISWA BARU PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS TAHUN 2018

Sabtu, 6 Oktober 2018, seluruh mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Prancis, FBS UNY mengikuti jalannya acara Sikrab (siang keakraban) yang dilaksanakan di Omah Noto Plankton 7, Tempel, Kabupaten Sleman, DIY. Sejumlah 76 orang mahasiswa baru mengikuti kegiatan Sikrab yang merupakan kegiatan tahunan dari program kerja Himpunan Mahasiswa Prancis (HIPER) yang bertujuan untuk membangun keakraban antar mahasiswa baru dengan seluruh komponen yang ada di prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Dr. Roswita Lumban Tobing, M. Hum., yang didampingi oleh SATGAS, Sekretaris Jurusan, dan dosen-dosen dari prodi Pendidikan Bahasa Prancis.

Acara yang dimulai dari keberangkatan dan selanjutnya diadakan sharing mahasiswa, perkenalan himpunan mahasiswa, games, pertunjukan dari komunitas seni prodi Pendidikan Bahasa Prancis, dan Pentas seni yang dilakukan oleh mahasiswa baru. Untuk perkenalan himpunan mahasiswa ini diikut oleh seluruh departeman yang ada di Himpunan Mahasiswa Prancis (HIPER). Menampilkan jargon dari masing-masing departemen yang disaksikan oleh mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Kemudian adanya kegiatan games yang menuai antusiasme dari para peserta, dengan games yang dibuat dengan tema penjelajahan dan keseruan. Para peserta yang terbagi menjadi 4 kelompok menjelajah daerah desa wisata Tempel seperti layaknya kegiatan pramuka. Games ini dibagi dalam beberapa pos  dan setiap kelompok menjelajah untuk menemukan pos yang selanjutnya akan diberi penugasan seperti menjawab soal, atau permainan.

 Selain itu pada kegiatan sikrab ini menjadi sarana untuk menampilkan kreatifitas dari mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Prancis dengan berunjuk gigi pada Pentas Seni Maba. Mereka menampilkan berbagai macam pentas seni mulai dari drama singkat, tari tradisional, modern dance, dan juga bernyayi dengan diiringi musik akustik. Kemudian diikuti pertunjukan dari komunitas seni Pendidikan Bahasa Prancis yaitu Hipercoustique, Jolie Danse, dan Maintenant. Pertunjukan ini disambut meriah dan antusias dari para peserta. Kemudian sharing Maba (Mahasiswa baru)  yang dilakukan pada akhir kegiatan Sikrab untuk membangun rasa solidaritas antar mahasiswa baru. Acara ini sekaligus menjadi penutup kegiatan Sikrab Mahasiswa Baru prodi Pendidikan Bahasa Prancis, FBS UNY tahun 2018.

(Anisa Alivia Roshida, Pendidikan Bahasa Prancis 2017)