OLIMPIADE BAHASA PRANCIS III UNTUK SMA/SMK/MA TINGKAT NASIONAL

Olimpiade Bahasa Prancis III untuk SMA/SMK/MA Tingkat Nasional

Kegiatan olimpiade bahasa Prancis rutin dilaksanakan oleh jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta setiap tahun sekali. Kegiatan ini terakhir dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2018 di FBS, UNY. Kegiatan ini dimulai dengan diadakannya lomba-lomba bagi pembelajar bahasa Prancis tingkat SMA/sederajat. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba membaca berita bahasa Prancis, vokal grup, dan menghidangkan masakan Prancis. Lomba-lomba tersebut diikuti oleh siswa-siswi dari seluruh SMA/SMK/MA se-Indonesia.

Lomba membaca berita bahasa Prancis dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB diruang seminar GK.I. lantai 2. Dalam lomba tersebut peserta dapat memilih satu berita yang sudah disiapkan oleh panitia untuk dibacakan. Lomba tersebut dimenangkan oleh SMA Katolik Santo Albertus Malang sebagai juara 1, SMA N 6 Yogyakarta sebagai juara 2, dan SMA N 1 Wonogiri sebagai juara 3.

Untuk lomba vokal grup lagu-lagu berbahasa Prancis dilaksanakan pada hari yang sama. Vokal grup terdiri dari lima orang peserta atau lebih yang didampingi oleh seorang guru pendamping. Vokal grup tersebut akan membawakan satu lagu wajib yang berjudul Sous le vent – Garou et Celin Dion dan satu lagu pilihan Et si tu n’existais pas – Hélène Ségara, Joe Dassin, Ça va ça va – Claudio Capéo atau Ne retients pas tes larmes – Amel Bent. Lomba tersebut dimenangkan oleh SMA N 3 Magelang sebagai juara 1, SMA N 1 Cilacap sebagai juara 2, dan SMA N 1 Wonogiri sebagai juara 3.

Kemudian lomba menghindangkan masakan Prancis dilaksanakan pada hari yang sama juga. Lomba tersebut adalah lomba untuk menyajikan masakan Prancis berupa Crêpes. Setiap tim terdiri dari tiga peserta yang didampingi oleh seorang guru pendamping. Lomba tersebut dimenangkan oleh SMK PI Ambarrukmo sebagai juara 1, SMA N 6 Yogyakarta sebagai juara 2, dan MAN 1 Yogyakarta sebagai juara 3.

 

(Willy Putro Prakoso, Pendidikan Bahasa Prancis 2014)