BIENNOUVÉ 2023: Perwujudan Kebangkitan Membara Mahasiswa Baru

BIENNOUVÉ (Bienvenue Chers Nouveaux Étudiants) merupakan program kerja dari Departemen Kaderisasi. BIENNOUVÉ adalah serangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang bertujuan untuk mengenalkan dan membantu mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus, serta membangun keakraban antar mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis FBSB UNY. Tema BIENNOUVÉ 2023 adalah “Le Chemin Vers la Lumière”. Tema kali ini, merupakan perwujudan dari sebuah kebangkitan yang membara dalam diri mahasiswa baru, motivasi yang menggelora dalam dirinya, semangat yang mengalir sehingga dapat menjadi pionir masa depan, menghidupkan kembali warisan gemilang, semangat yang tiada tanding, mahasiswa baru dapat menjelajahi cakrawala baru, mengilhami revolusi, dan mengembangkan pemikiran yang memajukan dunia. Melalui BIENNOUVÉ tahun 2023, mahasiswa baru dapat mengasah sikap integritas, unggul dan berbudaya. Sikap yang mencerminkan mahasiswa baru mempunyai potensi dan kemampuan untuk mengekspresikan dirinya di masa perkuliahan. Hasil yang didapatkan oleh mahasiswa baru adalah sikap menghargai dan toleransi antar sesama. BIENNOUVÉ 2023 mengadakan serangkaian acara, yaitu PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru), AMT (Achievement Motivation Training), dan Leadership-SIKRAB (Siang Keakraban) yang diadakan pada bulan Agustus – September 2023.

 

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB merupakan kegiatan untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru dalam proses transisi dari pelajar menjadi mahasiswa. Kegiatan tersebut berupa pengenalan dosen jurusan, pengenalan ORMAWA, serta informasi mengenai sistem Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta baik aspek akademik atau administratif. Kegiatan telah diselenggarakan pada hari Jumat, 11 Agustus 2023, pukul 08.00 – 15.00 WIB, yang dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 2, Gedung W.S. Rendra FBSB UNY. Terdapat pemaparan materi dari Dr. Dott. Andi Mustofa, S.Pd., M.A., selaku dosen, dan Putri Melisa, sebagai perwakilan dari mahasiswa berprestasi.

 

Achievement Motivation Training (AMT) adalah program yang dirancang dengan tujuan meningkatkan motivasi mahasiswa baru baik di bidang akademis maupun non- akademis. AMT dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 di Institut Français Indonesia (IFI). Terdapat pemaparan materi dari Arya Seta dan Wilfridus Pradnya, selaku perwakilan dari IFI, serta Zahida Aine Hawwa, mahasiswa penerima beasiswa Bourse du Gouvernement Français (BGF) tahun 2022. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis angkatan 2023 dapat mendapatkan banyak motivasi untuk menambah semangat belajar bahasa Prancis dalam menggapai cita- citanya dan menambah semangat belajar melalui tips and trick bagaimana mendapatkan beasiswa melalui presentasi oleh pihak IFI-LIP dan materi dari mahasiswa berprestasi jurusan Pendidikan Bahasa Prancis. Selain pemaparan materi, terdapat agenda BONJOUR HIPER. BONJOUR HIPER merupakan pengenalan HIPER kepada mahasiswa baru yang mencakup pengenalan departemen- departemen yang ada dalam kepengurusan HIPER. Mulai dari pengurusnya sampai proker yang bisa dijadikan sebagai proker magang mahasiswa baru.

 

Leadership-SIKRAB merupakan program kerja yang dirancang untuk membangun karakter dan meningkatkan kemampuan Mahasiswa Baru terutama pada bidang softskill sehingga Mahasiswa Baru dapat memperoleh pengalaman tentang kepemimpinan. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 28 Oktober 2023 pukul 06.00-17.00 WIB di Desa Ekowisata Pancoh Turi. Dalam rangkaian acaranya terdapat satu pemateri yaitu Ninuk Purnaningsih, lalu dilanjutkan dengan Games penugasan di beberapa pos. Kegiatan Leadership dapat membangun dan membentuk jiwa kepemimpinannya, serta menambah pengetahuan tentang cara mengelola suatu kepanitiaan atau organisasi. Leadership juga mencakup SIKRAB atau Siang Keakraban yang merupakan acara untuk mengakrabkan mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Prancis angkatan 2023 dengan kakak tingkat maupun teman sebaya. SIKRAB mencakup beberapa penugasan seperti games tebak orang, menangkap ikan, dan memasukan paku ke dalam botol, dan mengolah salak.