Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Perancis

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu menguasai bahasa Perancis yang meliputi: penguasaan substansi kebahasaan bahasa Perancis, penerapan substansi kebahasaan bahasa Perancis dalam komunikasi lisan dan tulis berdasarkan kontek yang tepat, dan pelaksanaan penelitian bidang bahasa dan sastra Perancis.
  2. Mampu menguasai bidang keguruan yang meliputi: penguasaan kurikulum dan pembelajaran bahasa Perancis SMA/MA/SMK dan pelaksanaan penelitian pengajaran bahasa Perancis

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES) PRODI PENDIDIKAN  BAHASA PRANCIS FBS UNY

SETIAP LULUSAN PROGRAM SARJANA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCISMEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMAL SEBAGAI BERIKUT

1. SIKAP

  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, normadan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdarkan pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangata kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidan keahliannya secara mandiri;
  11. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik.

2. PENGETAHUAN 

  1. menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum berbahasa Prancis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Prancis untuk tujuan tertentu dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  3. menguasai konsep teoritis tentang pendidikan dan pengajaran bahasa Prancis
  4. menguasai konsep teoritis tentang bahasa dan sastra Prancis;
  5. menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
  6. menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi yang berhubungan dengan bahasa Prancis

3. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. mahir berbahasa Prancis secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran Bahasa Prancis;
  3. mampu merencanakan pemetaan penelitian dalam bidang pembelajaran Bahasa Prancis
  4. mampu melakukan analisis dan pendalaman terhadap teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran Bahasa Prancis
  5. mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan Bahasa Prancis
  6. mahir berbahasa Prancis di bidang kepariwisataan
  7. mahir berbahasa Prancis untuk keperluan penerjemahan

4. KETERAMPILAN UMUM

  1. mengembangkan pemikiran logi, kritis, sistematis dan kreatif dalam bidang bahasa Prancis dan pengajarannya;
  2. mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  3. mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data hasil penel'itian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi;
  4. meningkatkan kapasitas pembelllajaran secara mandiri;
  5. mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang luas;
  6. mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan memlui pendekatan inter atau multi disipliner.