Kompetensi Lulusan

 

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis menjadi Sarjana Pendidikan Bahasa Prancis yang berkarakter mandiri, bertanggung jawab, kritis, kreatif, dan inovatif yang memiliki kompetensi mengajar bahasa Prancis; berkomunikasi secara lisan maupun tulis dalam bahasa Prancis; menerjemahkan teks bahasa Prancis ke dalam teks bahasa Indonesia; mengembangkan kemampuan memandu wisatawan yang berbahasa Prancis; meneliti bahasa dan sastra Prancis, serta pengajarannya; merancang program dan mengelola manajemen persekolahan; dan bidang lain yang relevan.

Capaian Belajar

No.

Parameter

Capaian Belajar

1.

Sikap

    1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    11. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

2.

Penguasaan Pengetahuan

  1. menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum berbahasa Prancis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Prancis untuk tujuan tertentu dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  3. menguasai konsep teoritis tentang pendidikan dan pengajaran bahasa Prancis
  4. menguasai konsep teoritis tentang bahasa dan sastra Prancis;
  5. menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
  6. menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi yang berhubungan dengan bahasa Prancis

3.

Keterampilan Khusus

                1. mahir berbahasa Prancis secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
                2. mahir berbahasa Prancis di bidang kepariwisataan;
                3. mahir berbahasa Prancis untuk keperluan penerjemahan;
                4. mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran Bahasa Prancis;
                5. mampu melakukan penelitian dalam bidang bahasa Prancis dan pembelajarannya;
                6. mampu melakukan pengkajian terhadap teori, konsep, pendekatan dan memecahkan dalam pembelajaran Bahasa Prancis
                7. mampu mengkaji dan mengimplementasikan kurikulum pendidikan Bahasa Prancis.

4.

Keterampilan Umum

      1. mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang bahasa Prancis dan pengajarannya  
      2. mengembangkan kemampuan berinisiatif dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi dan data;
      3. mengembangkan kemampuan berkreasi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pendidikan
      4. meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
      5. mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega atau sejawat di dalam lembaga dan komunitas lintas disiplin.

 

 

Graduate Competencies

French Language Education Study Program graduates are expected to be French Language Education graduates with independent, responsible, critical, creative, and innovative characters who have the competence to teach French; to be able to communicate orally and in writing in French; to translate French into Indonesian texts; to develop the ability to guide French-speaking tourists; to conduct research in French language, literature, and teaching; to design programs and manage school management; and other relevant fields.

No.

Parameter

Learning Outcome

1.

Attitude

  1. believing in God the Almighty and able to show a religious attitude;
  2. upholding humanistic values ​​in carrying out duties based on religion, morals, and ethics;
  3. internalizing academic values, norms, and ethics;
  4. taking part as citizens who are proud and love the country, showing nationalism and a sense of responsibility to the state and nation;
  5. respecting the diversity of cultures, views, religions, and beliefs, as well as the original opinions or findings of others;
  6. contributing to improving the quality of life in society, nation, state, and advancement of civilization based on Pancasila;
  7. cooperating and showing social sensitivity and taking care of the community and the environment;
  8. obeying the law and discipline in public and state life;
  9. internalizing the spirit of independence, struggle, and entrepreneurship;
  10. showing an attitude of responsibility for work in their field of expertise independently;
  11. showing sincerity, commitment, sincerity to develop the attitudes, values ​​, and abilities of students.

2.

Knowledge Mastery

  1. mastering theoretical concepts of language and techniques of communicating oral and general written in French in everyday/general, academic, and work contexts;
  2. mastering the theoretical concepts of language and techniques of oral and written communication in French for specific purposes in everyday/general, academic, and work contexts;
  3. mastering the theoretical concepts of French language education and teaching
  4. mastering the theoretical concepts of French language and literature;
  5. mastering the principles of developmental psychology and educational psychology;
  6. mastering the concepts and techniques of developing learning programs, presentation (methods and procedures), management, and evaluation related to French.

3.

Specific Skills

  1. showing fluency in French orally and in writing in everyday/general, academic, and work contexts;
  2. demonstrating fluency in French in the tourism sector;
  3. showing fluency in French for translation purposes;
  4. being able to produce innovative designs or learning models for learning French;
  5. being able to conduct research in the field of French and its learning;
  6. being able to conduct studies of theory, concept, approach, and problem-solving in French learning;
  7. being able to analyze and implement the French language education curriculum.

4.

General Skills

  1. developing logical, critical, systematic, and creative thinking in the field of French and its teaching;
  2. developing the ability to take the initiative in making decisions based on information and data;
  3. developing creative skills in solving problems in the field of education;
  4. improving learning capacity independently;
  5. managing, developing, and maintaining networks with colleagues in institutions and communities across disciplines.