Olimpiade Bahasa Prancis sebagai Sarana Sosialisasi

Olimpiade Nasional Bahasa Prancis tingkat SMA/SMK/MA 2014 berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta(UNY) tepatnya pada tanggal 23-24 Oktober 2014 di Gedung Kuliah I Lantai 2 ruang seminar Fakultas Bahasa dan Seni(FBS). Olimpiade ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari 25 Sekolah  Menengah dari berbagai daerah di Indonesia.

“Olimpiade ini sebagai kegiatan untuk memperingati bulan bahasa, selain itu sarana menunjukkan eksistensi jurusan bahasa Prancis di Indonesia, dan memahamkan pada para pelajar bahwa bahasa Prancis itu penting dalam menyambut pasar globalisasi 2015.” ungkap Siti Perdi Rahayu, M.Hum, Ketua Panitia Acara Olimpiade.

Sosialisasi menjadi landasan pokok yang melatarbelakangi acara olimpiade tersebut. Kegiatan olimpiade ini terdiri dari dua lomba, yaitu lomba cerdas cermat dan lomba memasak. Sosialisasi Pendidikan Profesi Guru(PPG) juga ikut mewarnai acara tersebut. “Ini sebagai wujud pengenalan kepada para pelajar bahwa setelah lulus kuliah sebaiknya untuk mengikuti PPG sebagai penunjang ranah kerja seorang pengajar.” papar Bu Yayuk, sapaan akrab Siti perdi Rahayu.

 “Harapannya dengan adanya olimpiade ini mampu meningkatkan kemampuan bahasa prancis dan mengenalkan kampus UNY, khususnya jurusan bahasa Prancis kepada para pelajar.” Ungkap Dekan I FBS, Prof. Dr. Zamzani pada pidato sambutan olimpiade tersebut.

Pada olimpiade tahun ini untuk lomba cerdas cermat dimenangkan oleh SMA Negeri 7 Purworejo, SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan SMA Negeri 2 Purwokerto. Lomba memasak salad diraih oleh SMA Binsus Manado, SMA Bunda Rankiang, dan SMA Binsus Manado. (AyuSuci/Humas FBS)