PERCEPATAN PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA ANGKATAN 2013, 2014 DAN 2015 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS UNY

Program studi pendidikan bahasa Prancis, FBS, UNY pada hari Jumat tanggal 16 Oktober 2020 telah mengadakan kegiatan percepatan Study untuk mahasiswa angkatan 2013, 2014 dan 2015. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi fasilitas kepada para mahasiswa dalam penyelesaian study mereka di tengah pandemi Covid-I9. Prodi Pendidikan Bahasa Prancis selalu berupaya mencarikan jalan bagi para mahasiswa yang sedang menyelesaikan studynya dengan berbagai alternatif pendekatan baik akademik maupun non akademik.

Kegiatan ini merupakan prakarsa dari jajaran pimpinan UNY, khususnya WD I Fakultas Bahasa dan Seni dengan maksud untuk mewadahi pertemuan antara mahasiswa yang sedang menulis tugas akhir dan para dosen pembimbing tugas akhir mereka. Sejumlah 13 mahasiswa angkatan 2013, 21 mahasiswa angkatan 2014, dan 10 mahasiswa angkatan 2015 diundang untuk membicarakan tentang permasalahan dan usaha-usaha penyelesaian tugas akhir mereka.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Prancis, Dr. Roswita Lumban Tobing, M.Hum, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa menyelesaikan study walau dalam keadaan pandemik. Dilaporkan juga oleh beliau bahwa beberapa mahasiswa telah bekerja dan ada pula yang cuti sehingga belum dapat menyelesaikan studynya. Diharapkan program ini, seperti kegiatan yang sama pada tahun-tahun sebelumnya, mampu memfasilitasi mahasiswa dalam penyusunan TA.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I bidang akademik, Dr. Maman Suryaman, M.Pd menambahkan bahwa mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya akan mendapat pembebasan pembayaran UKT semester gasal 2020 jika dapat mengikuti yudisium bulan Oktober. Keringaanan UKT sebesar 50% juga diberikan kepada mahasiswa yang mengambil MK maksimal 6 sks. Ditegaskan oleh WD I bahwa dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi negara 25 tahun mendatang, mahasiswa di masa keemasan Indonesia 25 tahun mendatang diharapkan menjadi agen pemulihan ekonomi Indonesia pasca covid-19. Diharapkan para mahasiswa memiliki daya saing global sehingga dapat bersaing di dunia internasional. Mahasiswa juga diharapkan dapat memasuki bidang selain pendidikan seperti pariwisata, e-commerce dan masuk pasar kerja dengan kualifikasi sesuai permintaan pasar kerja global. Salah satu yang menyebabkan lambatnya penyelesaian study menurut WD I adalah karena kurangnya minat baca mahasiswa. WD I menutup pengarahannya dengan mengutip quote dari Reynald Kasali “Sejauh apa pun jalan salah yang anda tempuh, maka berputarlah sekarang juga”.

Semua dosen Prodi Pendidikan Bahasa Prancis hadir untuk memberikan gagasan dan pemikiran mereka untuk membantu para mahasiswa baik yang sedang mempersiapkan penelitian skripsinya maupun yang tengah menyelesaikan analisis dan pembahasan data skripsinya. Seperti kita ketahui bersama bahwa mahasiswa memiliki kemungkinan untuk meneliti bidang-bidang ilmu sesuai minatnya, yaitu, penelitian pengajaran bahasa, penelitian linguistik dan penelitian sastra Prancis. Dewan dosen yang hadir dalam temu daring tersebut adalah Alice Armini, M.Hum, Dwiyanto Djoko Pranowo, M.Pd, Herman, M.Pd, Siti Perdi Rahayu, M.Hum, Siti Sumiyati, M.Pd, Nuning Catur SW, M.A, Dr. Tri Kusnawati, M.Hum, Rohali, M.Hum, Dr. Yeni Artanti, M.Hum, Desi Rahmawati, M.Hum, Norberta, Nastiti Utami, M.Hum. (HM)